Media Berbagi Ilmu

Selamat datang di blogg Media Berbagi Ilmu.

Rabu, 22 Februari 2012

Membuat Creative Brief


Nama  : Faisal Abduh
Kelas   : Penerbitan 5F Sore
Tugas  : Periklanan (Membuat Creative Brief)
Dosen  : Bapak Andi Ahmad Gunadi

Membuat Creative Brief
1.      Latar Belakang Beriklan
Iklan sangatlah dibutuhkan dalam mempromosikan suatu produk di benak masyarakat, tentu saja fungsinya untuk membuat brand image mengenai produk yang kita jual di benak konsumen. Namun, dalam beriklan pun tentu perlu banyak strategi yang harus dilakukan. Salah satu strategi tersebut ialah dengan menggunakan iklan kreatif dan berbeda dari yang lainnya. Iklan tersebut bisa dilakukan melalui dua cara, baik iklan melalui media cetak maupun elektronik.
Produk Blue Band sendiri pertama kali dibuat di negara Belanda pada 1936 untuk diekspor ke Inggris, Blue Band juga menjadi produk makanan pertama yang dihasilkan Van den Bergh NV, milik Unilever, gabungan perusahaan margarin asal Belanda, Margarine Unie, dan pabrik sabun Lever Brothers asal Inggris itulah sebabnya nama produk tersebut dalam bahasa Inggris. Sejak pertama kali diluncurkan, Blue Band sudah menjadi merek kuat yang memimpin pasar dengan kompetitor utama mentega dan margarin impor, seperti Palmboom.
Produk Blue Band di Indonesia juga memenangkan beberapa penghargaan, di antaranya pada 2004 dan 2005, selama dua tahun berturut-turut sejak margarine diikutkan dalam survei kepuasan pelanggan  oleh SWA (salah satu majalah bisnis terkemuka) dan Frontier, Blue Band dianugerahi ICSA (Penghargaan Kepuasan Pelanggan Indonesia).

2.      Sasaran Utama (segmentasi produk)
Sasaran utama produk blue band ini ialah keluarga, mulai dari anak (usia 6-10 tahun), remaja perkotaan (15-20 tahun) dan tentunya ibu dan ayah sebagai pembuat keputusan pembelian produk Blue Band. Produk Blue band juga ditujukan khususnya untuk kalangan berpendidikan menengah ke atas dan ditujukan bagi keluarga yang memiliki pola hidup yang sehat.

3.      Objektifitas Iklan (tujuan iklan)
Objektifitas iklan ini dibuat dengan tujuan melakukan persuasi bagi para calon kunsumen untuk bisa membeli produk Blue Band. Selain itu, dengan adanya iklan ini, diharapkan benak konsumen tentang produk ini dapat semakin kuat. Dengan iklan ini diharapkan juga peningkatan pemasaran dan angka penjualan semakin meningkat.

4.      Hambatan
Hambatan dalam produksi iklan ini antara lain strategi beriklan yang sudah sering dilakukan bisa membuat konsumen jenuh dan dengan mudah melupakan iklan yang dibuat tentang Blue Band, misalnya Blue band menggunakan bintang iklan yang sudah sering dipakai dalam iklan sebelumnya atau produksi iklan yang dibuat hanya dengan cerita yang itu-itu saja. Selain itu, produksi iklan juga terkadang terhambat oleh susahnya mencari model iklan keluarga yang cocok untuk mengiklankan produk Blue Band. Pengetahuan konsumen tentang manfaat Blue Band masih kurang juga bisa menyebabkan kurangnya minat konsumen untuk melakukan pembelian.
Di bidang produksi dan pemasaran, hambatan juga masih dihadapi misalnya distribusi yang terhambat akibat keterlambatan waktu produksi, distribusi yang masih belum bisa menjangkau seluruh daerah Indonesia terutama di daerah pelosok.

5.      Promise (janji iklan)
Promise yang dibuat oleh Perusahaan Unilever tentang produk Blue Band dibuat pertama kali pada 1978, saat itu produk ini baru pertama kali diiklankan melalui televisi dengan slogan “Buatlah hari mereka menyehatkan.” Seiring perkembangan zaman, promise yang dibuat oleh Blue Band pun terus diubah hingga akhirnya pada 2004 dibuatlah slogan “Menciptakan tumbuh kembang yang membahagiakan” yang digunakan hingga sekarang.
6.      Reason (alasan)
Adapaun mengapa  janji (promise) yang dibuat seperti di atas karena berdasarkan tujuan dibentuknya produk Blue Band, yaitu untuk memberikan pola hidup sehat dan mudah bagi keluarga. Oleh karena itu, slogan “menjadikan tumbuh kembang yang membahagiakan” diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi konsumen bahwa untuk membuat pertumbuhan anak yang mudah dan menyenagkan bisa melalui produk ini. Dengan adanya slogan tersebut, terbukti bahwa Blue Band tetap menjadi produk margarin yang unggul hingga saat ini.
7.      Desired Respons
Adapun respon yang diharapkan dari konsumen dengan adanya iklan ini ialah konsumen semakin sadar akan konsistensi produk Blue Band yang ingin memberikan pola dan perkembangan hidup yang sehat dan mudah, sehingga mereka akan terus percaya dengan produk Blue Band. Selain itu, diharapkan dengan adanya iklan ini konsumen akan terus memilih produk Blue Band sebagai margarin pilihan.


8.      Tone and Manner
Iklan yang dibutuhkan dalam mempromosikan produk Blue Band cukup dibuat secara nasional, tidak perlu dengan cara internasional. Karena yang dibutuhkan konsumen ialah bagaimana penyampaian iklan tentang produk ini agar konsumen mampu menggambarkan bahwa produk Blue Band merupakan produk nutrisi makanan yang dinamis.

9.      Saluran Media
Saluran media yang digunakan di sini ialah melalui media televisi, media cetak, dan juga radio. Dengan ketiga saluran media tersebut diharapkan tingkat efektifitas iklan dapat dengan cepat ada dan bertahan di benak konsumen. Namun, tentu saja ketiga saluran iklan tadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, misalnya media televisi yang bisa menampilkan gambar iklan yang nyata (hidup) namun tingkat efektifitasnya bisa dengan cepat dilupakan. Sedangkan iklan melalui radio dan media cetak, dianggap lebih memiliki efektifitas yang cukup bagus untuk menyadarkan konsumen akan produk yang diiklankan.

10.  Mandatori
Dalam beriklan tentu memerlukan banyak sektor pendukung akan produk yang diiklankan. Fungsinya untuk menambah keyakinan konsumen tentang bagaimana dan darimana produk tersebut dibuat. Adapun mandatori harus dicantumkan antara lain logo halal, logo perusahaan, kemasan, serta warna produk. Berikut ini mandatori dari produk Blue Band.
Logo Perusahaan                   
so_logo Unilever.gif

blue band 17g.jpgContoh Kemasan
Blue Band 1Kg.jpg                                          
blue band 200g.jpgBlue band 2kg.jpgblue band 250g.jpgBlue Band Gold 500g.jpgBlue Band Gold 250g.jpg

Sedangkan, hal-hal yang tidak perlu dicantumkan dalam mandatory ini misalnya produk pesaing, logo perusahaan lain, atau iklan yang mengandung unsure SARA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentarmu di sini ^^